Pages

Senin, 28 September 2015

Khotib Idul Adha di Mapolda Sulsel 1436H

Kapolda Sulsel 2015

Dr. H.Muh.Shaleh Suratmin, SH, MHI


Tema:
DENGAN SEMANGAT BERQURBAN, KITA TINGKATKAN INTEGRITAS DAN SOLIDARITAS
UNTUK SENANTIASA MEMBERIKAN PELAYANAN TERBAIK KEPADA MASYARAKAT

KHOTIB
DR. H. MUH. SHALEH SURATMIN, SH.,MHI

 

ا لسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ا للهِ وَبَرَكَاتُهْ

الله اكبر،    الله اكبر،   الله اكبر،   الله اكبر،   الله اكبر ،  الله اكبر،   الله اكبر،   الله اكبر ،  اكبر ولله الحمد
الله اكبركبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا،
لااله الا الله وحده صدق وعده ونصر عبده وأعز جنده وهزم الأحزاب وحده،
لااله الا الله ولانعبد الا اياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون
أشهد أنى إله إلا الله وحده لا شريك له ،  وأشهد أن محمدا عبده ورسوله،
اللهم صل على محمد وعلى آله وصحبه أجمعين ، أمابعد،
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُون،
فياأيهاالموْمنون العائدون ، أصيكم وإياي نفسي بتقوي الله،
فازالمتقوانفقد

Alla>hu Akbar 3x Walilla>hil Hamd,..
Kaum Muslimin dan Muslimat Sidang Ied Rahimakumullah.
Pada hari ini tanggal 10 Dzulhijjah 1436H kita berkumpul kembali duduk bersimpuh di hamparan bumi di dinaungi langit membentang luas tak bertepi. Baru saja di majelis ini kita bersama-sama menggemakan pujian ”Keagungan” kepada Allah,.. sehingga bumi dan langit di sekitar kita gemuruh syahdu gelombang takbir, tahlil dan tahmid. Setelah itu, kita serentak sujud, meratakan dahi di atas tanah yang dingin, sembari memuji Allah Rabbul Izzah,.......
Denyut jantung menyentuh qalbu yang fitrah, membuat kita larut semakin tak berdaya, terasa berlinang air mata kegembiraan dan keharuan. Kita bergembira karena hari ini adalah hari kemenangan dan kebahagiaan... rasa haru karena kita kembali merenungkan perjuangan dan pengorbanan seiring dengan kehidupan manusia.
Hari ini Jamaah Calon Haji dari berbagai penjuru dunia sedang mabit di Mina untuk melontar tiga Jumrah,..melontar Jumrah adalah simbol perlawanan kepada semua bentuk kemungkaran dan kezaliman di muka bumi, perlawanan kepada nafsu iblis dan syetan, nafsu yang berkarakter hewan, nafsu yang tak pernah berhenti menggoyah dan menghancurkan martabat manusia. Banyak orang yang mulus dan lulus  menghadapi ujian kemiskinan, namun tidak sedikit orang yang kehilangan kehor-matan,.. karena gagal diuji dengan kecukupan dan kemewahan dunia.
Sejak tergelincirnya matahari tanggal 09 Dzulhijjah kemarin, seluruh Jamaah Calon Haji dari berbagai negara di dunia, mereka telah melakukan Ukuf di Padang Arafah, hanya dengan bepakaian dua helai kain putih tidak berjahit,.. sebagai symbol fitrah kejadian manusia,.. manusia lahir tanpa busana, tidak serta merta membawa harta benda dan ilmu pengetahuan, dan akhirnya kembali menghadap Sang Khaliq,.. hanya dengan pakaian putih yang tidak berjahit pula.
Di hari Arafah kemarin,.. para Jamaah Calon Haji,.. telah berserah diri di hadapan Allah secara total., tidak ada ucapan kecuali berdzikir dan istigfaar, memohon ampun kepada Allah, dengan iringan Talbiyah:
لبيك اللهم لبيك ؛ لبيك لاشريك لك لبيك ؛
ان الحمدونعمة لك والملك ؛  لاشريك لك
Wahai Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, sesungguh-nya segala puji, nikmat dan kekuasaan adalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.
Setiap Jamaah Calon Haji yang telah berada di tanah haram Mekkah al-Mukarramah, mereka menyandang gelar Dzuyufullah-Dzuyufurahman; mereka adalah tamu yang dimulyakan dan dirahmati Allah,..majelis yang berbahagia,.. bersama khotbah agung ini kita iringi doa;
اللهم اجعلنهم حجا مبرورا   وسعيا مشكورا   وذنبا مغفورا
وعملاصالحا مقبولا   وتجارة لن تبورا  انك انت السميع العليم
Ya Mujibassailin jadikan haji mereka mabrul,. sempurnakan sa’inya,. ampuni segala hilaf dan salah mereka,.. terimalah segala amal salehnya, dan curahkan kepada mereka sumber rezki yang tak akan pernah terputus, sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.
Sidang Ied yang Berbahagia, kenikmatan dan kebahagiaan ibadah haji, tak mungkin dapat dilukiskan dengan lisan maupun akal manusia, betapa pun keinginan mereka yang belum haji, namun para penyandang haji, kerinduannya jauh lebih dahsyad untuk mengulangi kembali. Sejarah  membuktikan,. tak seorang pun menyesal lantaran pergi haji,.. tidak jarang di antara kita setiap tahun menunaikan ibadah umrah lebih dari sekali sebagai penawar rindu pada keagungan Baitullah di tanah haram, bahkan kehidupan mereka jauh lebih baik. Demikian itulah hikmah dari sebuah doa dalam ibadah thawaf di Baitullah: . وتجارة لن تبورا  Anugerahkanlah kepada kami Ya Allah, sumber kehidupan, sumber rezky yang tak akan pernah terputus seperti mengalirnya air zamzam.
Alla>hu Akbar Walilla>hil Hamd,..Sidang Idul Qurban Rahimakullah.
Berbahagialah kaum muslimin dan muslimat yang mengikuti sunnah Nabiyullah Ibrahim as. Ummat Islam yang bermukim diluar kota suci Mekkah, sejak tanggal 09 Dzuhijjah kemarin, telah menyambut Idul Qurban ini dengan berpuasa yaumul Arafat (puasa hari Arafah), bahkan sejak terbitnya fajar dinihari tanggal 10 Dzulhijjah kita masih  berpuasa hingga usai shalat Idul Qurban.
Penyembelihan hewan qurban bakda shalat Ied tanggal 10 Dzulhijjah dan tiga hari tasyrik (tgl 11,12 dan 13), adalah kewajiban bagi kaum muslimin dan muslimat yang mampu (manistatho’):
من وجـد سعة فلم يضخ فلايقر بنا مصلانا
Barang siapa mampu menyembelih qurban, tetapi mereka mengabaikan, maka janganlah sekali-kali mereka mendekati majelis shalat Ied kami,..  Demikian dalam bahasa hadis Rasulullah Muhammad saw.
Secara ektrim al-Qur’an menyeru umat Islam agar senantiasa ikhlas dan rela berkorban demi kemaslahatan umat,.. sebagaimana firman Allah:
إنا أعطيناك الكوثره فصل لربك وانحره
Sesungguhnya Kami, telah banyak memberi nikmat kepadamu (wahai Muhammad), maka dirikanlah shalat dan berkorbanlah,..
Penyembelihan hewan qurban merupakan wujud ketaatan dan kecintaan terhadap keteladanan Nabi Ibrahim as. Dalam sejarah ummat manusia, Nabi Ibrahim as adalah super teladan dalam berqurban, Pengorbanan Nabi Ibrahim tidak sekedar untuk kepentingan dan kebahagiaan hidup masyarakat pada zamannya saja, tetapi juga untuk setiap generasi sampai akhir zaman. Tanah suci Mekkah yang dilimpahi kemuliaan dan kemakmuran di sepanjang zaman, hal itu tidak terlepas dari keikh-lasan Nabiyullah Ibrahim dalam berkorban.
Nabi Ibrahim dengan tegas dan tegar memerangi kemusyrikan dengan bermula menghancurkan 360 patung berhala sesembahan kafir Quraisy yang dipajang di sekeliling Ka’bah.
Nabiyulah Ibrahim adalah record teladan terbesar dalam penyembelihan hewan qurban, sebelum beliau dikaruniai buah hati Ismail,.. beliau telah menyembelih hewan qurban,  sebanyak 300 ekor onta dan 1000 ekor kambing. Walhasil, keikhlasan beliau berqurban semakin menakjubkan, ketika datang perintah Allah untuk menyembelih Ismail bin Ibrahim.
Al-Qur’an sebagai sumber ilmu pengetahuan mengingatkan; Faina Tadzhabu>n?,. (Wahai manusia !) Kemana engkau akan pergi? Kemana engkau habiskan masa mudamu? Untuk apa engkau gunakan masa sehatmu? Kemana engkau belanjakan harta bendamu? Untuk apa engkau gunakan umurmu selama ini?,.Ingatlah,.di depanmu ada akhirat?
Ketika khalifah Umar bin Abdul Aziz baru saja dilantik sebagai seorang gubernur pada zamannya,...maka Imam Besar Hasan al-Bashri mengirim sepucuk surat kepada beliau,.. di antara penggalan isi surat itu berbunyi,.. Ya Amiral Mukminin,.. ”sesungguhnya dunia hanyalah rumah tempat persinggahan dan perpindahan,.. dunia bukan rumah tempat tinggal untuk selama-lamanya,. dunia bagaikan mimpi, sedangkan negeri akhirat adalah nyata,. ingatlah,. di antara dunia dan akhirat,. disitu ada kematian.
Dalam konteks hadis,.Rasulullah mengingatkan; Manusia hidup di dunia tak lebih sebagai musafir yang hanya beristirahat sejenak, apakah di bawah pohon rindang atau di kolong langit di bawah teriknya panas matahari atau curahan hujan,. namun yang pasti,.. perjalanan berlanjut terus, detik demi detik berganti sampai akhirnya suka atau tidak suka detik kehidupan dunia berakhir,..lalu keluarga dan kerabat men, dari bibir mereka menangis tersedu sembari menyebut nasehat Qur’ani;
إنا لله وإنا إليه راجعون
Sesungguhnya kami milik Allah, dan sesungguhnya kepada Allah kami kembali.
Alla>hu Akbar Walilla>hil Hamd,..Sidang Iedul Qurban Raimakumullah.
Betapa keprihatinan dan rasa haru kita, jika dalam momentum seperti sekarang ini,.. kita kembali mengungkap prosesi penyembelihan Ismail, detik-detik ketika Ismail telah dipembaringan, di suatu tempat yang asing,.. saat itu Ismail masih mengajukan usul pada ayahnya: Wahai ayah; sebelum ayah menyembelihku, ada tiga pintaku ayah,..1) ayah,.. ikatlah kedua kaki dan tangan nanda, agar nanda tidak meronta; yang 2) ayah,.. pejamkan mata ayah dikala pedang telah mendekat pada leher ananda, agar ayah tidak bimbang dan hiba; 3) ayah,.. bawahlah pulang baju ananda yang terpercik darah, agar  sewaktu-waktu menjadi penawar rindu buat ibundaku Sitti Hajar,.. Majelis Rahimakumullah,..
Wahasil,.. usai dialog yang super haru itu,. pedang terhunus kemilau telah digenggaman tangan sang ayahnya sendiri,.. ayunan pedang mulai mendekat dan semakin dekat pada leher Ismail,.. sembari  menyebut asma Allah  dengan iringan takbir; “Bismillahi Wallahu,.. Akbar” dalam hitungan detik, Allah yang Maha Kasih berkehendak lain,. Pengorbanan manusia dapat ditebus dengan penyembelihan seokor kibas,.. adegan penyembalihan Ismail yang amat menegangkan itu,.. hanyalah untuk menguji keimanan Nabi Ibrahim, Sitti Hajar dan Ismail,.
Allahu Akbar  Walilla>hil Hamd,..
Alangkah mulianya kaum muslimin yang menunaikan penyembelihan qurban,.. Sesungguhnya; bulu, darah dan dagingnya akan menghapus  dosa,.. walau sebanyak bui di lautan,..
Sidang Ied Qurban yang Berbahagia.
Sayang sekali hakikat suci penyembelihan qurban masih banyak yang mengabaikan,..banyak orang yang super kikir dalam berkorban,.. tidak sedikit para pemimpin dan penguasa yang justru meniru prilaku kehidupan Qarun. Al-Quran menggambarkan bahwa Qarun adalah hartawan ternama, kunci-kunci gudangnya tidak mampu dipikul oleh sejumlah orang yang berbadan kuat. Namun justru kekayaan Qarun membuatnya semakin takbur, arogansi dan super dzalim. Banyak anggota masyarakat yang menderita karena sikap Qarun dalam mencari harta. Karena itu, Qarun pun diazab oleh Allah dengan badai tsunami yang super dahsyat,.. akhirnya Qarun tenggelam di perut bumi beserta  seluruh hartanya.  Peristiwa itu menjadi slogan, setiap penemuan harta benda di dasar bumi atau di dasar laut, disebut sebagai harta Qarun.  
Di antara sikap kehidupan Qarun yang paling menonjol adalah apa yang disebut dengan gaya hidup “snobisme”, snobisme adalah gaya hidup yang selalu ingin dibilang “hebat”. Kendatipun kehebatannya justru mengakibatkan kesengsaraan orang lain. Di zaman seperti sekarang ini, gaya hidup snobisme bukan hanya dianut oleh sebagian penguasa dan para konglomerat saja, bahkan mereka yang ekonominya paspasan pun tak mau kalah, mereka itulah yang menganut slogan, selera tinggi ekonomi lemah, biar miskin asal sombong. 
Sepatutnya kamun muslim bergembira merayakan Idul Qurban di hari ini, gembira disertai semangat perjuangan dan berkorban,. gembira yang dibalut dengan keprihatinan yang mendalam,.. karena diberbagai belahan dunia terjadi pembunuhan dan pembantaian manusia yang tak berdosa. Banyak penguasa berkedok pejuang memikirkan nasib dhuafa,  namun prilaku hidupnya seperti binatang buas,.. tak ada tebang pilih, semua menjadi halal, demi meraih kemewahan sesaat.
Mereka itu adalah orang-orang mengabaikan kehidupan akhirat, sedi-kitpun tidak takut pada azab Allah yang amat pedih.
Wattaqu> Yauman Turjau>na fi>hi ilalla>h,..takutlak kamu pada suatu hari, dimana hari itu tidak daya upaya kecuali datangnya dari Allah swt.  
Memang perjuangan tidak akan pernah berhenti, ibarat tawaf sepanjang zaman di Baitullah tujuh kali putaran, Sai dari Syafa’ wal Marwah’ tujuh kali pergi pulang; melontar tiga jumrah dengan tujuh lontran dan tujuh batu-batu kerikil, Allah menciptakan tujuh lapis bumi dan tujuh lapis langit dalam waktu tujuh hari; Allah menciptakan syurga dan neraka dalam tujuh tingkatan, tujuh hari bergulir sepanjang zaman, karenanya hakikat umur manusia tidak lebih dari tujuh hari, ada tujuh siang dan tujuh malam,.. pada akhirnya hanya ada tujuh detik perjalanan ruh manusia berpisah dengan jazatnya untuk selama-lamanya.
Subha>nalla>h, Walla>hu Akbar.
Nasehat  Lukmanul Hakim kepada anaknya; Wahai anakku,. dalam hidup ini hendaklah kalian berjuang dan berkorban untuk mentauhidkan Allah, dan memperbanyak sujud kepadaNya,.. ketahuilah wahai anakku; sejak awal kalian berada di pentas dunia, maka sesungguhnya engkau telah membelakangi dunia, dan engkau telah menghadap ke negeri akhirat, oleh karena itu negeri akhirat jauh lebih dekat dari negeri dunia yang telah engkau belakangi.  Siang Ied Rahimakullah
Semoga dengan semangat dan hikmah Idul Qurban hari ini, tata hidup kita semakin bernilai, mari kita terus berjuang dan berkorban memba-ngun umat dan bangsa agar bisa berpikir dan berkarakter Islami. Semoga dengan penyembelihan hewan qurban, kita bisa memaafkan orang lain,.. kita bisa membuat orang lain senyum,..kita bisa membuat orang lain sukses,..kita bisa membuat orang lain semakin bahagia.
Mari kita kecilkan volume kehidupan yang hidonis dan matrealistis. Bersama kita membangun masyarakat dan rumah tangga yang damai,.. kita ciptakan keluarga yang amanah dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,..keluarga yang sabar dan tabah menghadapi berbagai macam ujian,.. kita mewujudkan masyarakat madani,.. Baldhatun Thoyyibah Warabbun Gafur, masyarakat sejahtera, adil dan makmur senantiasa di Ridhoi Allah swt. Allahu Akbar 7x Walilla>hil Hamd.
KHOTBAH KE-II DAN DOA

Jamaah Shalat Idul Qurban

0 komentar:

Posting Komentar