Pages

Minggu, 17 Agustus 2014

Pandangan Sumantri Tentang Epistemologi


Sumantri[1] juga berpandangan bahwa epistemologi merupakan salah satu dari tiga landasan filsafat ilmu dalam melakukan telaah secara filosofis yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai hakikat ilmu.[2] Ketiga landasan tersebut adalah:
a)  Landasan ontologi sebagai landasan filosofis yang membicarakan tentang objek yang ditelaah ilmu, wujud hakiki objek tersebut, serta hubungan antara objek dengan daya tangkap manusia;
b) Landasan epistemologi sebagai landasan filosofis yang mempersoalkan proses yang memungkinkan perolehan ilmu, prosedur perolehannya, hal-hal yang harus diperhatikan agar kita mendapat pengetahuan yang benar, serta cara, teknik, dan sarana yang membantu dalam mendapatkan pengetahuan yang berupa ilmu;
c)  Landasan aksiologi sebagai landasan filosfis yang ingin menjawab persoalan seputar tujuan penggunaan ilmu, kaitan antara cara penggunaan ilmu tersebut dengan kaidah-kaidah moral, serta kaitan antara teknik prosedural yang merupakan operasionalisasi metode ilmiah dengan norma-norma moral-profesional.


[1]Lihat Mulyadi Kartanegara, Pengantar, loc. cit. Dia mengomentari bahwa dicetaknya Buku Jujun S. Sumantri berkali-kali menunjukkan, selain popularitasnya, juga langkanya studi seperti ini di Indonesia. Di samping itu, buku tersebut hanya merupakan representasi dari kajian filsafat ilmu Barat. 
[2]Lihat Jujun S. Sumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pegantar Populer (Jakarta: Sinar Harapan, 1990), h. 33.

0 komentar:

Posting Komentar